Kamis, 09 Januari 2014

MY TRIP, MY ADVENTURE (ala anak anak Banjarbaru)

Well, gw mau cerita nih tentang petualangan gw hari ini. Walau sebenernya sempet gak dibolehin bokap, tapi dibolehin juga akhirnya haha. Mmm ini sih salah satu keinginan gw juga, yaitu mengunjungi tempat tempat wisata nang ada di Kalimantan Selatan. Nah kebetulan hari ini (05/01/2014) gw berkesempatan untuk mengunjugi Taman Hutan Raya Sultam Adam. Lokasinya di daerah Mandi Angin.
Nah, awalnya kenapa gw bisa kesana gara gara dipaksa -,- yaa dipaksa sama angga & ciril (sobat gw). yaa gw kan gak pernah kesana, jadi kata mereka ngerasain kesana gituh, karna mumpung liburan sekolah kan. well kami janjian jam 7 ngumpul di rumah marsya (sobat gw).
Hari H tiba, awal awal udah molor waktu nih. sekitar jam 8an klo kda salah, kami (aku, marsya, novel, nicko, lana = sobat gw semua, kecuali novel, gw baru kenalan tadi sama dia) baru otw ke rumah angga, yaa kami jemput Angga dulu. Lumayan lama sih nungguin angga, yang ternyata baru mandi -,-.
Selese jemput Angga, kami dapet kabar kalo ciril nyusul jam 10an sama ocha (ade kelas gw). well gw yg dibonceng sama lana, mompa ban dulu soalnya kempes, laluuu kami ke Tahura. Lumayan jauh sih perjalanannya, tapi yang gw rasain prabadi yaa, pemandangan yang gw liat berasa di daerah hulu sungai, kesederhanaannya kental gituh. Mmm yang gak terlalu enak kesana sih jalannya, agak rusak gituh.
Beberapa menit kemudian, kami sampai di daerah tahura. Kanan Kiri itu gunung tinggi semuaa, berasa serem sih, seandainya longsor wasallam deh. tapi Alhamdulillah selamat 0:). Nyampe di lokasi utama, deket pemandian kolam. Kami parkir di daerah situ, deket warung. Syukurnya Angga sama Lana udah kenal sama orang yang jualan disitu, jadi enak deh.
Lima menit persiapan dan skalian nungguin ciril, kami langsung naik keatas, dan berfikir ciril entar bisa aja nyusul ke atas. Rute kami rute motong jalan, jadi kami bukan lewat jalan yang untuk jalur kendaraan gituh, jadi dari air yang ngalir ke bak itu kami jalan vertikal ke atas.
Awal awal sih lumayan, jalur yang kami lewatin itu batuan yang berair, kan itu memang ada sumber air hhe. Nah waktu dijalur ini, yang awalnya aku menghindari sepatu ku kena air, eh ujung ujungnya kena air juga. ya ibaratnya lagu tuh "terlanjur basah, yasudah basah sekalian" haha jadi gw melanjutkan perjalanan gw dengan sepatu yang benar benar basah -,- no problem. Trus yang awalnya kami jalan berenam sisa berlima, gara gara Angga jalannya cepet banget dan ngak tunggu tungguan -,-
Setelah itu jalur tanpa atap pohon (sebelumnya ada pohon) mmmm rintangan di jalur ini lumayan curam sih, kami juga sempet istirahat dijalur ini. dan lanjut lagi bro. Perjalanan gw naik keatas intinya seru banget deh, berasa wall climbing gitu, tapi bedanya gak pake tali, tapi nyari ranting ranting pohon yang kuat yang bisa dijadikan pegangan. dan nyari ranting itu juga harus hati hati, takutnya ada yang berduri, walau sempet kena duri juga sih. Makin tinggi, makin banyak batu besar, dan makin banyak juga kami istirahat. Tips gw naik gunung itu yaa :
1. Sehat
2. Perlengkapan lengkap, minimal Air minum
3. Ada yang tau rute
4. Cari pijakan yang kuat, misalnya ada batunya
5. sambil naik, sambil cari pengangan berupa ranting yang kuat atau pegangan sama temen kita.
6. Wajib pake alas kaki yang gak licin
7. Dan yang paling penting berdo'a
intinya gitu deh guys, dari hampir kepeleset, manjat manjat udah gw rasain tadi. Yang ngebangun sikap kita saat naik gunung tuh, saling tolong menolong teman dan jangan egois. Misalnya kami tadi, 2 cowo dan 3 cewe. ni cewe semua pada punya penyakit asma. Dan gunanya jangan egois itu kalo temen cape ya istirahat, saling ngasih minum.
Cuss lanjut kita masih naik ke atas nih. Asli jiwa laki gw keluar banget, semangat 45 dan penuh konsentrasi nyari pijakan yang tepat ada di diri gw tadi. Mau kaki ngangkang naik gimana pun ngak peduli. ya iyalah, batu batu tinggi dan rute curam kami lewati.
sudah lumayan lama kami jalan, kami sempet bingung, karna takut nyasar, apa lagi kami nerobos jalan yang ditutup tali rapia karna ada pohon patah. tapi dari situ kami tau, ini jalur udah pernah dilewati, karna kami nemukan ikatan warna orange yang  ada di pohon, ya artinya kami ngak nyasar lah hha.
mungkin sekitar 2 KM kami naik ke atas dan akhirnya sampai di sebuah jalan. yaa rute untuk kendaraan gitu. waah intinya puas banget deh, bangga banget bisa manjat manjat gitu haha. well kami jalan menuju benteng. beberpa meter jalan, kata lana kita salah jalan, ini malah jalan turun untuk pulang. karna semuanya udah pada cape, jadi kami melanjutkan jalan pulang tanpa melihat benteng. Benteng itu bekas para Belanda. Itu gunanya melihat situasi atau sekutu yang masuk gituh. memang sih kami separo jalan aja udah bisa liet Kantor Gubernur sama Bendungan Riam Kanan, jadi ya termasuk lokasi yang pas untuk mengitai.
Disepanjangan jalan turun (jalur memutari gunung, jalan untuk kendaraan) kita juga bisa ngeliet pegunungan meratus. pokoknya keren banget deh. Kata Lana, waktu dulu dia ke sini, dia bisa megang awan, nah gw juga pengen tuh, tapi sayangnya gak ada -,-
Sudah lumayan banget kami jalan dan sambil foto foto, eh tiba tiba hujan, ya sudah kami tetep jalan, habisnya mau teduh dimana? kanan kiri pohon, kan bahaya kalo ada petir, tapi syukurnya ngak ada petir. tapi yaa baju bener bener basah sampai kedalem -,-.
jalan jalan jalan jalan, sekitarrrr 3-5KM kami jalaaaaan terus ke bawah, sambil mikir Angga kayanya nunggu dibenteng, Ciril ngak ada kabar. dan kami tetep teruss jalan, sempet mau hujan lagi, eh ngak jadi. intinya jalan pulangannya pada tepar semua, pada ngeluh laper, pegel, maag, tapi yaa mau gimana lagi, jalanan sepi coy, ngak ada bantuan -,-.
Sekitar 1 KM sebelum tempat kedatangan kami, kami baru ketemu Angga, syukur deh dah lengkap. tapi sayangnya aku ngak kesampaian megang awan -,-. lanjut, ngak lama bokapnya nicko dateng, pake mobil yang besirine lagi hha. trus tinggal 50m kami naik mobil deh, gw angga lana marsya berdiri di belakang mobil dengan santainya, tau deh baju basah basah ae jua.
nyampe warung acilll, kami langsung makan mie -,- yaa ganjel perut dikit lah dari pada atit haha. selese makan kami semua (kecuali novel) nyebur ke pemandian gitu. jujur gw gak bawa baju ganti, cuman gw mikir, baju udah basah kena air hujan, mending cebur aja sekalian. ya gw nyebur pake celana jeans dan sepatu haha. soalnya ngak pake sepatu sakit wkwk. airnya dinging banget ih, tapi seru lah.
Naik ke atas, kami langsung pulang, gw tetep pake baju yang sama, ya basah? yaiya habisnya mau gimana lagi. Jalan pulang ngakak banget, soalnya kami pada matiin mesin motor hha, yaiyalah, orang jalannya turunan gunung.
Ngak lama perjalanan, tiba tiba hujan turun -,- well kami lanjutin perjalanan aja, soalnya kan baju memang udah pada basah -,- . nah jalan tu kan licin. waktu gw ma lana jauh didepan, kami lamvbat lambat jalan nya eh sampai turun di tanah. trus itu waktu naik lagi kami malah kepeleset -,- yaa kaki gw memar dan tangan lana keseleo. lanjut kan perjalanan, nicko nganterin angga, dan gw lana marsya dan novel ke rumah marsya, asli bener bener basah full.
nyampe rumah marsya, gw numpang mandi dan numpang setrika baju. lana bantu gw nyuci motor dan sepatu. setelah asar baru pulang ke rumah. -end-